Illustrasi : Pixabay |
Tingkatkan peringkat website Anda dengan tips SEO terbaik ini. Optimasi SEO dapat Meningkatkan Peringkat Website atau blog merupakan salah satu hal yang penting bagi para blogger. Semakin tinggi peringkatnya, semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi blog tersebut. Selain itu, peringkat yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pembaca dan meningkatkan keuntungan dari monetisasi blog.
Namun, tidak semua blogger dapat dengan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada situs. Salah satu cara untuk meningkatkan traffic situs dengan melakukan Optimasi SEO.
Untuk membaca lebih rinci mengenai SEO demi meningkatkan peringkat website di Google, maka Anda bisa melihat beberapa artikel di bawah ini yang mengulas tentang SEO On Page, SEO Off Page, Dan Apa itu SEO.
Jika Anda belum familiar dengan SEO, itu adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap situs web muncul di peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin telusur. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang SEO, kami merekomendasikan Anda untuk membaca informasi yang telah kami bagikan secara detail di situs ini. Seperti yang sudah di sertakan link diatas.
Saat ini, kita akan membahas mengenai Tips SEO Terbaik untuk meningkatkan peringkat blog pada Google Search. Tips ini bisa Anda ikuti dan terapkan untuk menarik pengunjung situs secara alamani ke situs Anda.
Tips SEO Terbaik Untuk Meningkatkan Peringkat Website
Tips SEO ini bersifat evergreen, yang berarti tidak hanya efektif saat ini atau akan kehilangan efektivitasnya setelah beberapa waktu. Namun, yang paling penting dalam tips ini adalah kita harus mengikuti saran-saran yang diberikan oleh Google.Apa itu SEO on Page? 21 Cara Optimalkan SEO On Page untuk Meningkatkan Traffic
Untuk itu berikut adalah Tips SEO Terbaik untuk meningkatkan Peringkat Website atau Blog Anda. Mari kita kupas satu persatu kita sukses SEO dalam menarik traffic situs
Cara Meningkatkan Peringkat Website dengan Tips SEO Berikut ini
1. Gunakan URL Pendek
URL pendek merupakan versi singkat dari URL biasa yang sering kali dibuat melalui layanan pemendek URL. URL pendek ini umumnya lebih mudah dibaca, dibagikan, dan diingat. Sebab, URL yang lebih pendek memiliki peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian dan meningkatkan pengalaman pengguna karena lebih mudah diketik dana pencarian Google.
Jika Anda menggunakan URL pendek, kemungkinan besar orang akan memahami apa yang ada di halaman tersebut lebih besar. Menurut penelitian, disarankan menggunakan maksimal 3 kata.
Apa manfaat dari URL Pendek pada situs?
- URL yang lebih singkat memiliki peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian dan meningkatkan pengalaman pengguna karena lebih mudah untuk diketik.
- Menggunakan URL Pendek dapat memberikan tampilan yang lebih menarik dan memudahkan pembaca untuk mengingatnya.
- URL yang lebih singkat dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari, meningkatkan kepercayaan pengguna, dan mempermudah pertumbuhan situs.
- URL yang pendek lebih mudah untuk dibagikan di platform media sosial dan dapat membantu menghemat karakter berharga di lingkungan dengan batasan karakter.
2. Gunakan Google Trends Untuk mencari Keywords
Google trends adalah salah satu cara untuk mencari kata kunci secara gratis. Plaftorm ini sering digunakan untuk Optimasi SEO demi menempatkan kata kunci pada artikel. Sebab keyword pada artikel adalah hal terpeting untuk meningkatkan traffict situs. Anda bisa membaca manfaat Google Trends dalam blogging.3. Optimalkan Judul Artikel
Untuk mengoptimalkan judul strategi penting dalam menarik pengunjung ke situs Anda. Selain itu, tentu dengan menggunakan Judul menarik akan dapat mempengaruhi berbagi artikel dan meningkatkan kepercayaan pengguna. Dengan memberikan manfaat kepada pengguna melalui judul yang menarik, konten dapat lebih dipercaya dan dihargai oleh pengguna.Judul merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca, oleh karena itu penting untuk membuatnya menarik agar bisa menarik perhatian dan memancing minat mereka.
Pastikan saat menulis judul, Anda harus menempatkan keyword di judul, dan ini juga penting karena ini adalah faktor SEO On-Page Google yang paling penting .
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kata kunci utama Anda di awal judul. Anda dapat menempatkan kata kunci pada awal judul. Usahakan juga untuk tidak menyelipkan kata kunci yang Anda targetkan di akhir judul. Seperti pada gambar yang sudah tertera diatas, dimana Kata Kunci (Keywords) di tempatkan pada awalan judul artikel atau konten.
Keyword pada awalan judul adalah strategi SEO dalam meningkatkan peringkat website, selain itu judul yang mengandung kata kunci yang tepat maka tentunya akan menarik traffict situs secara alami.
Kata kunci pada judul juga salah satu konten yang paling di sukai oleh Google. Sebab ketika orang mengetikkan Query atau kalimat pada serach mechine maka Google akan menampilkan atau suggest artikel yang berkaitan dengan keyword yang di cari.
4. Buat Judul Menarik
Judul yang menarik akan bisa menarik perhatian dan memancing minat mereka. Salah satu kunci untuk mendapatkan peringkat yang baik di halaman hasil pencarian adalah dengan menciptakan judul yang bagus.Contoh judul yang menarik adalah serperti :
- Tips dan Trik
- Cara
- Judul yang Mengandung Angka dan lebih spesifik (Baca : Manfaat Angka di Judul, Strategi menarik Visitor Blog)
- Dan lain sebagainya.
5. Menerbitkan Artikel Panjang
Artikel yang panjang adalah salah satu konten yang paling disukai oleh Google. Faktanya konten yang panjang merupakan konten yang detail dan terperinci penjelasannya. Target utama Google adalah pengguna yang mencari harus menemukan yang lengkap, jadi jika ada postingan yang jelek secara detail maka akan jeblok . Inilah alasan mengapa Google lebih menyukai artikel yang panjang.Namun perlu di ingat, panjang bukan sekedar panjang. Tentu harus informatif dan terperinci begitu juga dengan penempatan kata kunci, Kepadatan Kata Kunci juga dengan tepat dan benar atau LSI Kata Kunci juga dapat ditambahkan dengan mudah. Inilah salah satu cara meningkatkan peringkat situa secara organik. Menurut penelitian, rata-rata postingan dengan 1890 kata berada di urutan teratas pada mesin telusur.
6. Gunakan URL yang Kaya akan Keyword (Kata Kunci)
Kanta Kunci pada URL sangat penting, penggunaan kata kunci di URL memengaruhi SEO. Menggunakan kata kunci di URL akan membantu mesin pencari memahami konten halaman dan meningkatkan kemudahan penggunaan dalam memahami isi konten.7. Judul Mengandung Angka
Judul yang mengandung angka tentu salah satu strategi untuk meningkatkan pengunjung blog atau traffIct organik situs. Dimana menurut penelitian judul dengan angka memiliki RKT 37% lebih tinggi.RKT (Rasio Klik-Tayang) yang merupakan indikator yang sangat penting dalam strategi meningkatkan klik pada situs.
8. Periksa Tautan Situs yang Rusak Secara Berkala
Tautan yang rusak pada situa harus diperbaiki atau di periksa secara berkala untuk meningkatkan "kesehatan" situs. Link rusak pada situs akan mempengarusi SEO situs. Beberapa pengaruh tautan rusak adalah sebagai berikut, dikutip dari Semrush.comMempengaruhi Situs/Blog : Banyaknya tautan yang rusak dapat menunjukkan bahwa situs Anda tidak diperbarui atau tidak dijaga dengan baik. Terjadi kesalahan perayapan: Ketika perayap situs Google, juga dikenal sebagai "bot", melakukan perayapan web dengan mengikuti tautan antar laman. Jika bot menemukan tautan yang rusak, maka akan terjadi kesalahan perayapan. Akibatnya, halaman Anda tidak akan dapat sepenuhnya dirayapi dan diindeks oleh mesin pencari.
Otoritas tautan yang terbuang: Tautan internal meneruskan otoritas (dikenal sebagai ekuitas tautan ) antara laman yang terhubung di situs Anda. Namun ketika Halaman A tertaut ke Halaman B yang rusak, otoritas tersebut akan terbuang sia-sia dan bukannya diteruskan.
Semakin banyak tautan yang mengalami kerusakan di situs Anda, maka akan semakin berdampak signifikan terhadap kualitas, kemampuan perayapan, dan peringkat SEO.
Untuk memeriksa tautan rusak di situs web mana pun, Anda juga dapat menggunakan Free Broken Link Checker.
9. Gunakan Kata Kunci Komersial
Kata Kunci Komersial atau Commercial Keyword dalam konteks pemasaran digital dan SEO (Search Engine Optimization) adalah kata-kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna internet saat mencari produk atau layanan secara online dengan niat untuk melakukan pembelian.Kata Kunci Komersial biasanya mencakup kata-kata seperti “beli”, “harga”, “diskon”, “penawaran terbaik”, atau “ulasan” yang mencerminkan niat pembelian pengguna. Misalnya, jika seseorang mencari “beli iPhone 12 online”, “harga iPhone 12”, atau “ulasan iPhone 12”, ini semua adalah contoh dari Kata Kunci Komersial.
Ingatlah bahwa menemukan Kata Kunci Komersial yang tepat bisa memakan waktu dan memerlukan banyak penelitian. Namun, dengan menemukan Kata Kunci Komersial yang tepat, Anda bisa meningkatkan visibilitas situs web Anda, menarik lebih banyak pengunjung".
10. Hapus Halaman yang Buruk Pada Situs
Dalam penelitian terbaru, telah terbukti bahwa menghapus halaman-halaman yang tidak berguna atau hanya menyimpan informasi yang berguna pada situs tentu dapat meningkatkan nilai situs Anda baik di mata Google.Oleh karena itu, disarankan untuk hanya mempublikasikan postingan berkualitas tinggi atau menghapus halaman-halaman berkualitas rendah. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat meningkatkan kualitas konten situs Anda dan meningkatkan nilai SEO.
11. Riset Keywords
Dalam bidang SEO, kata kunci adalah kata atau kalimat yang digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi. Ini juga dikenal sebagai "pencarian query". Dalam membuat artikel atau konten sangat penting dilakukan keyword riset. Sebab jika mendapatkan kata kunci yang potensial akan meningkatkan lalu lintas secara organik ke dalam situs. Bukankah dengan tingginya pengunjung situa akan mempengaruhi penghasilan Adsense Anda?Google menggunakan kata kunci untuk mengindeks halaman situs web dan menampilkannya pada halaman pertama hasil pencarian. Tujuan dari riset keyword sendiri biasanya adalah untuk menerapkan strategi SEO atau meningkatkan kunjungan situs secara organik.
Melansir dari blog Ahrefs, studi menunjukkan bahwa lebih dari 90% halaman pada internet tidak memperoleh traffic dari Google akibat kesalahan penggunaan keyword.
Lantas bagaimana cara yang tepat untuk melakukan riset keyword supaya berhasil meningkatkan traffic situs?
- Pelajari Niche Blog Anda
- Tentukan Volume Pencarian sesuai Target
- Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci di mesin pencari. Jika Anda pemula dalam hal optimasi website, sebaiknya Anda memilih tingkat kesulitan rendah. Anda dapat menargetkan di bawah angka 20 dalam rentang 1-100.
- Keyword Suggestion: Matriks ini menampilkan saran kata kunci berdasarkan kata kunci utama yang Anda bidik. Kata kunci yang ditampilkan dalam keyword suggestion, biasanya berisi long tail keyword. Kata kunci yang terdiri dari 3 kata atau lebih ini cocok diletakkan pada bagian judul. Selain itu bisa diletakkan pada badan artikel yang berpotensi menarik lebih banyak pengunjung (qubisa.com)
- Ubbersuggest
- Google Trends
- Google Keyword Planner
- Ahrefs
- Semrush
- MOZ. Dan lain sebagainya
11. Buat Tautan ke Situs dengan Otoritas Tinggi
Jika Anda sudah membaca tentang faktor peringkat penting Google, Anda pasti ingat apa yang saya katakan di postingan sebelumnya. Saya menyebutkan bahwa menambahkan tautan Situs Web Otoritas tinggi di postingan juga dapat meningkatkan peringkat.Baca pada artikel ini mengenaui penjelasan DA situs disini akan di jelaskan secara mendalam dan terperinci mengenai Domain Authority (DA)
Hal ini menunjukkan bahwa situs tersebut memiliki konten yang baik dan bermanfaat bagi pengguna. Dengan demikian, Google menganggap situs ini baik dan memberikan yang terbaik bagi pengguna.
Salah satu cara dengan menautkan artikel ke situs DA Tinggi dengan membuat eksternal link pada website lain dengan DA tinggi.
12. Membuat Tautan Internal
Setiap kali Anda membuat sebuah postingan, pastikan untuk menghubungkannya dengan postingan lain di blog Anda. Hal ini akan memastikan bahwa pengguna website Anda tetap berada di dalam website tersebut. Selain itu, tautan internal juga memiliki manfaat dalam meningkatkan peringkat website Anda.13. Periksa Ejaan dan Tata Penulisan
Setiap kali membuat konten dalam blog maka sangat penting dalam memeriksa ulang artikel yang Anda tulis. Memeriksa ulang tulisan Anda tentu juga sebagai bentuk untuk memperbaiki kesalahan ejaan yang sesuai dengan EYD. Adapun maksud dalam memeriksa tulisan secara menyelurun ini tentu salah satu optimasi SEO dalam situs. Sebab jika kesalahan penulisan yang banyak dalam konten maka akan mempengaruhi maksud yang ada dalam isi artikel.14. Turunka Bounce Rate atau Rasio Pentalan pada Situs.
Dalam ringkasan dari Google Analytics, secara singkat, bounce adalah ketika pengunjung situs hanya datang dan tidak melakukan tindakan apa pun. Tindakan tersebut termasuk mengklik tautan yang ada, memutar video, dan lain-lain. Intinya, tindakan merujuk pada interaksi yang dilakukan oleh pengunjung situs Anda.Setelah tidak melakukan tindakan, dalam waktu kurang dari 0 detik, pengunjung kemudian keluar dari situs web dan kembali ke halaman sebelumnya. Di sadur dari Glints.com.
Berapa lama pengunjung akan tetap tinggal setelah mengunjungi website kita? Jika Anda ingin website Anda tetap berada di posisi teratas setelah mencapai puncak, maka Anda harus mengurangi Bounce Rate sebanyak mungkin.
Cara mengurangi Bouce Rate Pada Situs. atau Anda bisa membaca artikel ini Apa itu Bouce Rate dan Cara Menurunkan Bounce Rate Pada Situs. Baca selengkapnya untuk penjelasan lebih rinci mengenai bounce rate
1. Perbaiki Kecepatan Loading Halaman Website
2. Hindari Pop-up besar iklan pada halaman Blog/situs
3. Buat Situs dengan mobile friendly. Anda bisa mengeceknya lewat berbagai tool seperti Google Mobile-friendly Test Tool
4. Hindari Clikbait. Click bait tentu judul tidak sesuai dengan isi konten
5. Membuat meta description yang tepat dan menggambarkan isi konten dengan baik, bounce rate bisa ditekan
6. Buat Konten yang jauh lebih baik di baca dengan Sub Heading