Disarankan untuk semua pemilik situs atau blog untuk menerapkan tentang SEO. Ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat website di search engine dan juga menaikkan traffic secara organik. Untuk mencapai hal tersebut tentunya harus mengoptimalkan teknik SEO On Page dan juga tak luput dengan SEO Off page pada setiap artikel yang di produksi.
Akan tetapi tulisan ini lebih berfokus kepada teknik On Page SEO. Dengan begitu (melakukan SEO On Page) dengan baik dan benar, maka tentu secara perlahan peringkat website dapat menempati di halaman pertama Google atau search engine lainnya.
Penerapan SEO dalam halaman tentu ada di tangan setiap pemilik situs, tidak ada cara lain selain pemilik situs harus menggunakan teknik ini, untuk mencapai hal yang di inginkan.
Dengan begitu, jika penggunaan SEO On page secara teratur dan baik untuk penerapannya maka tentu peringkat website akan semakin dapat bersaing dengan situs yang sudah besar di page one search engine.
Untuk itu mari kita kupas tuntas semua tentang apa itu SEO On Page dan cara mengoptimalkan SEO On page untuk meningkatkan traffic ke situs .
Anda tak perlu khawatir dengan konten ini, karena Anda sudah berada pada artikel yang tepat untuk memulai mempelajari tekni SEO ini.
Apa itu SEO On Page?
Dalam menulis artikel dalam blog, apapun yang Anda lakukan itu adalah salah satu cara penerapan teknik SEO On Page.
Menurut Baklindo, SEO dalam halaman merupakan praktik dalam mengoptimalkan konten dalam halaman atau website supaya dapat peringkat di mesin telusur Google dan memudahkan setiap pengguna dalam mencari konten apapun.
Seperti Anda melakukan riset kata kunci, penempatan kata kunci yang benar, menulis konten, memasukkan gambar di setiap post dan faktor-faktor lain dalam meningkatkan peringkat website, bahwa itu semua di bawah teknik SEO on Page.
Praktik SEO di halaman atau juga dikenal sebagai “on-site SEO” adalah praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapat peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau google.
Baca juga : 10 Praktik SEO Terburuk yang Harus di Hindari Blogger dan cara Menghindarinya
Optimasi SEO On-page salah faktor terpenting bagi blog mana pun untuk mendapat peringkat di mesin pencari. Bahkan beberapa dari pakar SEO juga selalu merekomendasikan untuk lebih memperhatikan teknik SEO on-page.
Cara Mengoptimalkan SEO On Page untuk Meningkatkan Traffic Blog
Baru-baru ini memang sudah ada pembaharuan dari Algoritma Google, yang mana akan menempatkan konten yang bermanfaat untuk berada di halaman pertama Google.
Perubahan yang selalu terjadi pada Algoritma Google, maka tentu ada suatu perubahan dalam teknik SEO.
Meskipun demikian adanya pembaharuan dari Google pada bulan Agustus kemarin, tetapi tidak akan lepas dari Faktor-faktor teknik penerapan SEO dalam menaikkan page rank website.
Artinya, walaupun adanya pembaharuan tentu teknik SEO dalam halam tidak bisa di kesampingkan dan tidak boleh tidak di lakukan oleh setiap pemilik situs.
Karena variabel itu yang mengangkat page rank website salah satunya optimasi SEO dan itu akan terus konstan / tidak akan berubah.
Tanpa melakukan tindakan teknik SEO On site pada website , tentu akan sulit untuk naik ke halaman pertama pada mesin telusur. Selain itu, tanpa adanya SEO On Page maka tentu akan sulit dalam menentukan peringkat konten berkualitas di mesin pencari. .
Jadi ini merupakan cara paling sukses untuk mendapatkan pengunjung blog dari Google ke Blog atau situs website.
Pasalnya SEO di halaman adalah salah satu cara dalam membantu Google untuk menemukan dan memahami situs web dan juga konten yang relevan jika pengguna mengetik kueri di mesin pencari sehingga sistem dapat menempatkan halaman website ada di page one.
Itulah mengapa sangat diprioritaskan untuk selalu mengoptimasi SEO On Page. Bahkan seperti yang sudah di singgung diatas, para master blogger atau master SEO selalu menyarankan hal ini.
Maka, untuk mari kita lanjut pembahasan tentang bagaimana "cara optimasi SEO On Page dalam Blog".
21 Cara Optimasi SEO On Page
1. Sebelum menulis Artikel, Lalukan Riset Keyword terlebih dahulu
Ini sangat penting dalam menulis artikel atau konten apapun dalam blog jadi haruslah selalu melakukan riset kata kunci. Apapun itu bentuk artikel yang ditulis. Karena dengan research keyword suatu cara untuk optimasi Artikel SEO Frendly dengan tujuan untuk meningkatkan traffic blog.
Untuk research keyword tentu harus memperhatikan tingkat persaingan yang tinggi dan tingkat persaingan yang rendah, sampai kepada kata kunci apa yang paling banyak di cari.
Ada beberapa keyword tools yang bisa di manfaatkan untuk menemukan kata kunci sebagai langkah dalam melakukan teknik seo dalam halaman, seperti :
- Google Trends
- Semrush
- Keywordtool.io
- AhSerf
Seperti pemilihan kata kunci Ekor Pendek (Short Tail Keyword) dan kata Kunci Ekor Panjang (Long Tail Keyword). Dan ini suatu tugas penting bagi setiap pemilik situs, dimana kata kunci yang mana yang perlu di gunakan dalam dalam menentukan keberhasilan peringkat Website?
Hal ini tentu aga dilema dan menyusahkan memang. Karena dua faktor itu sebenarnya mempunyai kekuatan besar untuk menentukan peringkat website. Antara Short Tale Atau Long Tail keyword.
Namun, karena tulisan ini di peruntukkan untuk blogger yang masih pemula dan masih baru membuat blog maka jenis keyword yang paling di anjurkan untuk digunakan adalah Long Tail Keyword (kata kunci ekor panjang).
Sebab long tail keyword mempunyai persaingan yang rendah namun membawa kesuksesan dalam meningkatkan traffic blog.
Mari pahami apa perbedaan Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword secara sederhana dan singkat
- Short Tale Keyword adalah kata kunci yang menggunakan 1 sampai 3 kata.
Contoh Short Tale Keyword : Pemutar DVD, Tempat Wisata, Komputer Murah, HP Murah, dan lain sebagainya
- Kata Kunci Ekor Panjang adalah kata kunci yang menggunakan lebih dari 3 kata.
Contoh Long Tail Keyword : Tempat Wisata alam Terbaik di Bandung, Komputer murah spesifikasi tinggi, HP murah dengan RAM Tinggi tahun 2022, Pakaian pria dewasa musim panas, dan lain sebagainya
Dari contoh diatas tentu sudah memahami tentang dua perbedaan dari kata kunci tersebut. Yang pertama mengandung 1-3 kata, dan yang kedua mengandung 3 kata atau lebih.
Secara sederhana untuk short tail keyword memang tingkat persaingannya sangat ketat. Coba saja ketikkan kueri dalam mesin telusur Google, maka akan menampilkan beberapa website besar yang selalu ada di halaman pertama.
Itulah sebabnya mengapa kami menyarankan untuk menulis konten dengan mengandung long tail keyword. Karena tingkat persaingan yang lebih rendah, jika di banding dengan Short tail.
2.Tulis Konten Berkualitas Tinggi
Jika sudah selesai dalam research keyword maka tugas kedua yang perlu di lakukan adalah menulis konten yang mempunyai manfaat yang tinggi buat pembaca atau kualitas yang tinggi.
Konten yang berkualitas adalah konten yang dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan memuaskan segala apa yang mereka cari di mesin telusur.
Namun untuk membuat konten yang berkualitas tinggi tentu harus di lakukan dengan kehati-hati'an dalam penempatan keyword pada setiap konten setelah sudah selesai melakukan riset keyword.
Untuk itu, Anda perlu membaca ini "Cara Penempatan Keyword yang baik dan Benar di Artikel"
Tentu juga tugas ini suatu hal yang tidak mudah. Pembuat konten tentu membutuhkan waktu yang lama dalam memproduksi konten seperti ini, apalagi harus memasukkan keyword secara alami dan tidak terkesan di paksakan.
Akan tetapi jika terus berlatih dan berproses maka menulis artikel yang bermanfaat akan lebih mudah di lakukan kedepannya.
Perlu di ingat lagi, Google lebih menyukai konten yang berkualitas tinggi dengan memeriksa persentase rasio pentalan pengguna di situs web.
Baca juga:
Ketika rasio pentalan dalam situs rendah maka tentu itu suatu keberhasilan pemilik situs dalam menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca.
Arti sederhananya begini, pembaca/pengunjung dapat betah berlama-lama dalam situs Anda dan mengunjungi beberapa konten maka sistem google mendeteksi bahwa situs Anda penuh dengan kaya akan informasi dan kaya akan konten yang relevan dengan apa yang mereka cari.
Jadi benar seperti yang sudah sering kita dengar bahwa konten itu adalah raja. Itu tidak hanya sebatas kalimat saja, akan tetapi "content is king" merupakan suatu yang harus selalu di ciptakan oleh setiap pemilik situs.
3. Menulis Artikel Unik.
Konten unik merupakan konten yang punya originalitas yang dapat di uji, tidak ada plagiarisme, tidak ada copy paste dan hasil duplikat. Jadi sebuah artikel yang unik akan dapat berada di halaman pertama Google, atau dapat lebih cepat di ranking oleh mesin telusur.
Menulis artikel yang unik juga selalu di haruskan oleh setiap pemilik situs, meskipun akan banyak kesamaan yang mirip dengan konten orang lain namun cobalah untuk merubah cara penyampaian sesuai dengan gaya bahasa Anda, akan tetapi harus mudah di pahami isinya.
Jika Anda melakukan Plagiarisme secara menyeluruh maka tentu konsekuensi yang didapat adalah hukuman dari Google.
Ini perlu di tanamkan dalam benak setiap content writer, menjauhkan perilaku copy paste untuk terhindar dari hukuman.
Sebenarnya banyak cara untuk menguji tulisan kita apakah mengandung plagiarisme atau tidak. Yaitu dengan memanfaatkan Chek Plagiarisme di internet.
Ini akan mendeteksi apakah tulisan yang ditulis merupakan suatu bentuk plagiarisme atau tidak. Dan tentu dengan menggunakan alat ini, haruslah konten Anda mengandung kata yang unik sebesar 80% keatas, atau jika bisa 100% unik.
Membuat konten yang unik merupakah hal terpenting dalam optimasi SEO on Page.
4. Tulis Konten Panjang.
Google lebih suka konten yang panjang daripada konten yang pendek. Konten yang mengandung kata diatas 600 atau bahkan lebih sampai 1500 kata itu merupakan suatu artikel yang paling di sukai oleh Google.
Perhatikan saja beberpa konten yang selalu berada di page one google, rata-rata konten tersebut mengandung kata lebih dari 600 atau ada yang 2000 kata. Dari sini kita bisa melihat bahwa Google lebih menyukai artikel panjang.
Namu ada hal yang perlu di perhatikan dalam menyusun artikel panjang, Anda tentu harus memperhatikan tata letak dan kalimat yang relevan sesuai dengan keyword.
Jangan sesekali menulis hanya memenuhi hasrat artikel pajang namun isi nya tidak informatif atau tidak memiliki makna yang mendalam. Ini tentu suatu larangan keras dari mesin telusur.
Setiap menulis artikel, cobalah untuk memberikan informasi yang lengkap dan mencakup lebih banyak topik.
Mengapa juga disarankan untuk menulis konten yang panjang? Ya karena...dalam menulis artikel yang panjang maka tentu akan leluasa dalam menempatkan keyword secara merata dan alami.
Bayangkan saja jika menulis konten pendek, maka Anda akan susah dalam menyisipkan keyword pada artikel.
Bandingkan dengan artikel panjang, maka tentu lebih bebas dalan memasukkan keyword secara merata dan padat namun terlihat alami.
5. Judul di Optimalkan dengan Baik.
Faktor penentu dalam menaikkan peringkat website dan traffic dalam optimasi SEO On page adalah dengan mengoptimalkan judul. Judul merupakan elemen terpenting untuk menaikkan traffic blog.
Judul adalah hal yang pertama di lihat pembaca saat mengetikkan kueri di Google selain URL dan Deskripsi Meta. Judul yang unik akan dapat menarik minat pembaca untuk klik ke halaman website.
Dalam menulis judul harus di perhatikan dengan baik dan harus pula mengandung kata kunci yang relevan dengan topik apa yang di bahas.
Beberpa cara untuk mengoptimalkan judul dengan membuat kata unik seperti :
- Judul mengandung Angka. Karena judul dengan adanya angka lebih menarik minat klik ketimbang dari judul yang hanya kata secara keseluruhan, serta suatu strategi dalam memikat pengunjung blog.
Maka Anda perlu membaca halaman ini " manfaat Angka Dalam judul salah satu Strategi menaikkan klik"
- Judul harus mengandung keyword
- Judul seperti Cara, tips dan Trik serta Tutorial, akan jauh lebih menarik minat pembaca.
- Dan masih banyak lagi
6. Gunakan Tag Heading
Tag H1 adalah heading HTML yang paling umum digunakan untuk menandai judul halaman web. Untuk penerapan SEO On Page, heading tag merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk menaikkan rangking website.
Untuk Optimasi On Page SEO, Ini merupakan elemen HTML yang digunakan mesin pencari untuk merayapi halaman web dengan mengidentifikasi berbagai judul dalam posting blog.
Heading tags SEO sendiri umumnya memiliki elemen struktur dari H1-H6. Setiap elemen menyajikan informasi berdasarkan tingkat kepentingannya, seperti di Kutip dari Garudacitizen :
- H1 – Memperkenalkan dan memberikan gambaran keseluruhan mengenai isi halaman konten.
- H2 – Menjelaskan topik utama yang terdapat pada halaman konten.
- H3 sampai H6 – Sub topic dari topik utama yang dibahas di halaman konten
Untuk menggunakan Tag maka harus memperhatikan H1, dalam tag H1 harus mengandung Kata Kunci yang relevan dengan isi Konten.
Sebab Tag H1 adalah yang paling penting dari semua tag heading, Anda harus menggunakan hanya satu tag H1 di seluruh posting blog. Anda dapat menggunakan kata kunci fokus di tag H1.
Bahkan dalam rekomendasi oleh pihak Google, menggunakan Tag H1 akan membantu Google untuk memahami struktur halaman.
7. Gunakan Meta Description
Ini adalah cara terbaik dalam optimasi SEO pada Blog. Menggunakan meta description merupakan suatu tujuan dalam menjelaskan secara ringkas mengenai topik apa yang di bahas.
Meta Description adalah ringkasan dari seluruh posting blog, di mana ini akan memberi tahu ke mesin pencari dan pengguna informasi tentang apa yang di bahas di artikel.
Membuat Meta Description harus memaksimalkan ringkasan secara padat dan jelas, karena di batasi dengan hanya 150 kata.
Disini di haruskan untuk menempatkan kata kunci sesuai topik pembahasan, dan masukkan keyword sebanyak 3 - 4 kata. Karena kalimat inilah yang akan di tampilkan di mesin telusur saat pengguna mengetikkan kueri di SERP selain URL dan Judul.
Berikut contoh meta tag description dalam SERP yang mengandung keyword.
Jika menempatkan kalimat yang kuat dan sesuai apa yang pengguna cari, maka kemungkinan besar akan dapat di kunjungi pengguna.
8. URL yang Ramah SEO
URL yang ramah SEO dapat memberikan peringkat website di mesin pencari seperti Google. Struktur URL yang baik dan deskriptif akan dapat menarik pengunjung untuk melakukan klik.
Url diharuskan di buat dengan cara sederhana namun ringkas, serta mendeskripsikan tentang topik yang dibahas dan harus pula mengandung keyword. Sehingga pembaca tertarik mengenai topik yang bahas dan juga akan memudahkan Google memahami konten saat di Crawler dan di indeks.
Contoh penggunaan URL ramah SEO seperti
https://www.namabloganda.com/belajar-seo-on-page.html
Hal ini tentu akan menarik pembaca untuk mengunjungi situs web saat akan mencari kueri mengenai SEO On Page. Karena URL yang di contohkan diatas mengandung keyword yang relevan dengan isi konten.
Berikut cara membuat URL SEO Frendly pada postingan Blog. Dan sebelum membahas nya, untuk pengguna Blogspot dapat mengoptimasi URL dengan cara melakukan Permalink Khusus.
Gunakan kata kunci fokus.
- Jangan menggunakan karakter khusus (#,$,&,% dll.) di URL.
- Gunakan tanda (-) untuk memisahkan dua kata.
- Cobalah untuk menjaga agar URL tetap pendek.
- Gunakan URL yang mengandung Keyword sesuai topik yang di bahas, namun singkat padat dan jelas.
9. Optimalkan Gambar
Dalam menulis konten apapun selalu membuat gambar pada setiap postingan, ini agar menarik tampilan isi konten. Selain itu dengan adanya gambar juga dapat memberikan lalu lintas secara organik dari Google Search Image.
Karena tidak 100% traffic organik itu berasal dari pencarian kata, ada yang mendapat kunjungan dari Gambar saat pengguna menelusuri image di Google.
Bahkan tidak semua juga pengguna betah dalam membaca kalimat demi kalimat yang panjang, ada yang lebih menyukai melihat tampilan dalam bentuk infografis dan gambar.
Jadi hal ini tentu dapat di lakukan oleh setiap pemilik situs untuk penerapan SEO On Page.
Anda harus memperhatikan optimasi Gambar dalam postingan dengan cara:
- Gunakan Teks Alt di gambar, Gunakan teks gambar yang relevan di Teks Alt
- Tambahkan properti gambar sesuai dengan keyword
- Gunakan gambar yang tidak ada materi hak cipta, ada beberapa situs stock photo gratis yang bisa di manfaatkan tanpa ada lisensi.
- Jangan menggunakan gambar kapasitas besar, untuk itu Anda bisa melakukan dahulu kompresi gambar tersebut di beberapa alat kompresi online. Ini untuk tidak mempengaruhi loading page blog saat pengguna mengunjungi situs.
- Gunakan gambar ukuran 400 x 400 px dan kapasitas tidak melebihi 70 Kb.
10. Tanamkan Tautan Internal dalam Postingan
Tautan Internal atau Internal Link merupakan tautan yang bisa di buka ke halaman lain dalam blog yang sama. Akan tetapi untuk menggunakannya haruslah mempunyai relevansi tentang topik yang di bahas.
Untuk itu Anda perlu membaca artikel ini " apa itu internal link dan cara membuat internal link dalam blog". Jika anda membuka halaman itu maka itulah yang di sebut tautan internal.
Ini merupakan suatu cara penerapan teknik SEO dalam mengurangi bounce rate, karena jika pengguna betah berlama-lama dalam situs maka tentu rasio pentalan akan dapat di kurangi dan tentu reputasi blog juga akan semakin baik di mata Google.
11. Gunakan Tautan Eksternal
Tautan Eksternal adalah kebalikan dari tautan internal. Tautan ini adalah link yang di bangun dalam situs yang jika di klik akan mengarah keluar situs web lain atau ke website orang lain.
Manfaat dari Ekternal link juga dapat meningkatkan SEO, memudahkan Google dalam merayapi, traffic blog naik,
Namun, untuk membuat Eksternal Link harus memilih domain atau situs web yang memiliki Domain Authority (DA) yang tinggi,traffic yang tinggi, usia situs.
Karena Google lebih mengenal situs besar seperti Wikipedia, Kompas, CNN dan lain sebagainya daripada situs kecil yang masih baru.
Selain memilih situs yang memiliki DA tinggi tentu juga harus memperhatikan penggunaannya, sebab jika asal-asalan dan terlalu banyak dalam memasukkan tautan keluar maka akan berdampak buruk pada peringkat website. Bahkan dapat di anggap oleh Google sebagai spam.
Ada beberapa tips dalam membuat External link, seperti :
- Pastikan Memiliki topik yang Relevan. dengan membuat Tautan keluar diharuskan topik yang dibahas memiliki relevansi dengan konten yang dibahas dengan situs lain (link keluar).
Misalnya Anda membahas di blog mengenai Keuangan, maka eksternal link harus mengarah ke situs lain yang membahas tentang Keuangan juga.
- Gunakan sumber terpercaya. Seperti yang dijelaskan diatas, google lebih suka situs besar daripada situs kecil. Maka dengan cara ini Anda dapat memilih situs lain yang punya reputasi baik dan tingkat DA nya tinggi. Hal yang sering ditemui untuk outbound link adalah seperti situs Wikipedia, dan lain sebagainya.
- Jumlah yang Wajar. Jangan membangun link keluar secara berlebihan, manfaatkan dengan sewajarnya saja namun merata dan terlihat alami.
- Gunakan Anchor Text. Untuk membuat eksternal link, sebaiknya anda menggunakan anchor text. Anchor text bisa anda sesuaikan dengan topik eksternal link dan mengandung kata kunci. Untuk itu Anda perlu membaca halaman ini " apa itu Anchor Text? Dan manfaatnya untuk SEO?"
- Buat No Follow jika tidak ingin di crawler oleh Google sampai ke akar-akarnya, ini tentu karena Anda kurang percaya dengan situs tersebut.
12. Optimalkan situs ramah seluler (Website Mobile Frendly)
Ini sudah era smartphone, kebanyakan pengguna internet saat ini sudah mengakses internet dari smartphone.
Bahkan 70% lalulintas internet berasal dari Ponsel. Ini tentunya setiap pemilik situs harus memanfaatkan trend ini untuk dapat lalu lintas dari smartphone.
Situs yang ramah akan tampilan Mobile akan mempengaruhi juga peringkat website, pasalnya pengguna internet sudah melalui genggaman dalam mencari informasi apapun.
Jika situs tidak ramah akan mobile frendly maka tentu kesempatan untuk meraup lalu lintas sebesar 70 % tersebut akan sulit di jangkau.
Bahkan Jika situs web tidak ramah seluler maka situs web tidak akan dapat berkinerja baik di seluler dan mesin pencari tidak akan memberikan peringkat yang baik ke situs.
Anda dapat menggunakan Alat Pengujian Seluler Google untuk memeriksa apakah situs web Anda ramah seluler atau tidak.
13. Optimalkan Kecepatan Muat Situs
Kecepatan dalam loading website merupakan faktor penting dalam meningkatkan peringkat website. Jadi, jangan menyepelekan dan menghindari hal ini, kecepatan adalah hal yang selalu di inginkan oleh setiap pengguna internet dalam mencari informasi apapun.
Bayangkan saja, ketika Anda pergi ke salah satu situs namun membuka halaman per halaman harus membutuhkan waktu yang lama, maka itu tentu hal yang menyebalkan.
Alih-alih menunggu loading, yang ada malah langsung close dan cari website lain.
Itulah mengapa sangat penting loading speed blog untuk pengalaman pengguna. Ada beberapa cara dalam meningkatkan loading page website, seperti :
- Hapus Plug in yang tidak perlu
- Optimalkan Gambar dengan kapasitas kecil (± 70 KB)
- Jangan memasang iklan yang berlebihan pada situs.
Selain itu, Ada cara untuk melakukan test atau chek apakah kecepatan loading blog sesuai harapan dengan mengunjungi situs ini pagespeed, disana akan hitung persentase kecepatan memuat blog dan hal-hal yang perlu di lakukan untuk mengoptimalkan loading website.
14. Indeks Setiap Konten Anda di Webmaster Tools.
Tidak ada gunanya jika menulis konten berkualitas tinggi, konten yang mengandung keyword dan faktor lainnya jika website tidak di summit pada Search Console.
Apapun yang Anda lalukan dan sebaik apapun dalam menulis konten sesuai kaidah SEO, namun jika tidak di indeks maka itu tidak akan memiliki peringkat apapun dari Google atau mesin pencari lainnya.
Jika ada masalah peng'indeksan maka anda perlu memperhatikan masalah-masalahnya dan segera perbaiki. Seperti memeriksa Robots.txt pada pengaturan Blogger.
Atau jika hal lain yang terjadi coba untuk selalu memperbaikinya dengan mempelajari masalah yang di laporkan oleh Google search Console atau webmaster tools lainnya.
15. Perbaiki Tautan Rusak
Tautan rusak terkadang timbul begitu saja di blog karena berbagai alasan , dan tautan rusak ini berdampak negatif pada peringkat blog.
Ada banyak penyebab tautan rusak. Seperti- halaman web target tidak tersedia, halaman dihapus atau permalink telah diubah atau dimodifikasi yang belum dialihkan dan lain sebagainya.
Untuk memeriksa Broken Link anda bisa memanfaatkan dengan bantuan situs pihak ketiga, seperti :
- Broken Link Checker
- Dead link Checker
- Senu Link Sleuth
- Google Search Console
Jika menemukan broken link pada blog maka Anda memperbaiki setiap link yang rusak tersebut sedemikian rupa dan sebaik mungkin. Karena broken link akan berdampak buruk pada SEO.
16. Update Artikel Secara Teratur
Google akan menganggap situs Anda sebagi situs yang kaya akan informasi dan konten jika menerbitkan konten secara teratur dan terus menerus. Selain itu, Google juga akan lebih mengenal siapa dan apa situs Anda jika selalu update konten.
Bahkan (katanya) jika selalu update konten dalam situs, maka artikel akan lebih mudah terindeks di mesin telusur, karena sistem crawler (Googlebot) akan lebih sering merayapi situs Anda jika konten di produksi/di posting secara teratur dan terus menerus.
Hal-hal yang paling di sukai Google untuk menaikkan peringkat website dengan adanya konten yang teratur di publish, seperti misalnya :
- Posting setiap hari artikel
Post 2-3 artikel setiap minggu, dan ini di lakukan secara terus menerus. Maka nantinya Googlbot akan rajin untuk merayapi situs.
Selain itu, dengan adanya postingan yang teratur maka ini menunjukkan bahwa situs Anda kaya akan informasi. Untuk sisi pengunjung juga akan selalu penasaran tentang update terbaru yang akan di post secara teratur dan terus menerus.
Hal ini tentu pembaca setia blog Anda akan dapat betah dan menunggu informasi terbaru yang ada di situs Anda.
17. Promosikan Konten di Social Media dan Platform lain
Meski lebih di utamakan traffic secara organik, namun dengan paid traffic juga tidak bisa di sepelekan. Hal yang dilupakan oleh blogger pemula adalah soal promosi konten.
Promosi adalah suatu yang perlu di lakukan dalam bisnis apapun, jika tidak promosi lalu bagaimana orang akan mengenal tentang situs Anda, bagaimana orang mengenal tentang topik yang di bahas?
Share ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, twitter bisa di manfaatkan untuk mendapatkan lalu lintas langsung dari media sosial atau social traffic.
Jika secara rutin membagikan postingan di media sosial dan banyak yang mengunjungi situs Anda, ini akan meberikan sinyak kepada Google bahwa konten yang anda produksi bermanfaat untuk orang, sehingga Google akan memberikan peringkat website Anda di halaman Pertama.
Anda tentu tidak bisa melewatkan cara ini, karena untuk kalangan pengguna media sosial sangat banyak di Indonesia.
Selain media sosial Anda juga bisa memanfaatkan situs tanya jawab seperti Quora dalam mempromosikan situs Anda.
Ada banyak blogger di situs Quora yang aktif menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan dan menanamkan link untuk mengarah ke situs pribadi. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi backlink pada situs pribadi.
18. Perbaiki masalah Ejaan dalam Penulisan.
Sering sekali blogger tidak teliti dalam menulis konten dan tidak memperhatikan masalah ejaan dalam tulisan. Masalah seperti ini memang sedikit sepele namun akan dapat mempengaruhi peringkat website di Google.
Kesalahan ejaan juga dapat terpengaruh terhadap maksud dan tujuan dari apa yang di bahas.
Jika banyak kesalahan dalam penulisan kata, kalimat, pengunaan tanda baca, akan membingungkan konteks yang sebenarnya untuk pembaca dan juga untuk mesin telusur saat dirayapi.
Ada kalanya selalu teliti dalam menulis artikel dengan memperhatikan segala tata letak dan ejaan. Anda juga bisa memanfaatkan Microsoft Word sebelum memindahkannya ke situs untuk segera di publish.
Selain itu, Anda juga perlu membaca berulang dari atas sampai akhir tulisan untuk menemukan kesalahan penulisan dan tanda baca, bisa juga dengan cara meminta bantuan dari teman atau saudara untuk chek keseluruhan.
19. Gunakan Template SEO Frendly
Template blog adalah salah satu pekerjaan pertama dalam membangun blog, karena template yang SEO Frendly juga akan mempengaruhi peringkat situs di Google.
Ada banyak template ramah SEO yang beredar di internet dengan cara membeli template.
20. Desaign Situs yang Sederhana
Sederhana tapi elegan di pandang adalah cara untuk meningkatkan rasio kunjungan pengguna. Jika tampilan situs enak di pandang, maka tentu akan juga menjadi nilai tambah bagi pengunjung dan dapat menyukai jenis dan warnanya.
21. Optimalkan/Atur Navigasi Situs
Navigasi situs juga bisa mempengaruhi peringkat website, meski secara langsung tidak terlalu banyak mempengaruhi.
Akan tetapi jika navigasi situs berantakan, maka pembaca setia situs akan susah dalam menemukan konten lain yang di sediakan dalam situs.
Navigasi yang jelas dan teratur seperti Tag, Menu, dan lain sebagainya tentu akan dapat meningkatkan waktu pengunjung betah berlama-lama dalam situs. Dan ini tentu akan mengurangi bounce rate situs di laporan Analisis Google.
Baca juga : 9 Tips Menulis Artikel SEO Frendly
Kesimpulan.
Itulah pembahasan mengenai apa itu SEO on Page dan cara mengoptimalkan SEO On Page dalam meningkatkan traffic situs.
Dengan memperhatikan segala faktor-faktor pendukung yang sudah di jelaskan diatas, maka tentu Anda dapat menaikkan peringkat situs di halaman pertama Google.
Memang sih untuk belajar SEO dan Teknik SEO tidak mudah di lakukan dengan hanya menulis konten saja, tentu harus memperhatikan segala aspek-aspeknya untuk meningkatkan kunjungan secara alami dari mesin telusur.
SEO On page adalah elemen terpenting untuk pengoptimalan situs dan sebagai cara untuk meningkatkan kunjungan pada situs.
Secara garis besar dalam membangun blog dan meningkatkan page rank diharuskan untuk selalu konsisten dan berproses.
Karena tidak ada dalam lini kehidupan apapun secara instan, ada hal yang perlu di lakukan dan perlu di terapkan.
Segala sesuatu yang instan juga tidak akan bertahan lama, namun jika penerapan SEO On page dilakukan dengan baik maka tentu perlahan situs pun semakin dapat kunjungan dari mesin telusur dan bahkan dapat ribuan klik.
Demikianlah pembahasan yang panjang untuk SEO, semoga Anda menyukai tulisan ini dan membagikan pada sosial media serta dapat memberikan komentar pada kolom yang tersedia.