Search Suggest

8 Tips Menulis untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Dalam menulis artikel pada blog ada 8 tips untuk meningkatkan pengunjung blog. Artikel ini akan membahas lebih dalam. Baca terus!

 

8 tips menulis untuk meningkatkan traffic blog
Meningkatkan Traffic blog (Ilustrasi Pixabay)

Meningkatkan pengunjung blog - adalah salah satu upaya setiap blogger, karena jika blog  ramai pengunjung, tentunya memiliki dampak yang signifikan bagi reputasi website/blog Anda, dan mempunyai manfaat untuk  untuk mendapatkan uang. 

Untuk mendapatkan pengunjung blog, Anda juga harus melakukan beberapa usaha. Termasuk dalam usaha menulis artikel yang selalu update setiap harinya dan menciptakan konten yang berkualitas serta memiliki manfaat yang bagus untuk pembaca.

Sudah begitu banyak kiat menulis blog agar sukses bagi seorang blogger, yang sudah di ulas di beberapa portal media, baik itu di media besar maupun blog perorangan.

Semuanya memang cukup bagus, karena saran yang di berikan oleh mereka juga tidak bisa di anggap sepele. 

Namun, untuk artikel ini akan saya ulas mengenai cara menulis artikel yang baik untuk meningkatkan lalulintas blog Anda, baik dalam jenis topik blog apapun 

Dalam memproduksi sebuah konten adalah salah satu upaya untuk terhubung dengan pembaca dan mempromosikan dan memberikan informasi bagi siapa saja serta juga termasuk untuk saling berbagi ilmu.

Untuk itu berikut adalah tips menulis blog untuk target audience yang perlu Anda ingat agar konten yang Anda buat dapat bermanfaat yang besar serta blog Anda pun akan berkembang dengan sempurna.

Tips untuk meningkatkan traffic Blog yang perlu Anda perhatikan [Blogger Pemula]

Saat akan membuat sebuah artikel untuk di posting pada blog Anda dengan harapan agar dapat meningkatkan pengunjung blog. 

Anda pasti sudah lebih dahulu menemukan ide dan struktur kata yang akan di susun sedemikian rupa. Baik itu menulis tentang traveling, kehidupan pribadi, bisnis dan branding produk serta tips dan trik. Apapun itu!

Untuk itu Anda perlu mengingat tips-tips berikut ini agar Anda dapat menjangkau target siapa saja serta yang akan dapat meningkatkan lalu lintas blog Anda sendiri.

Perhatikan Tata Bahasa.

Memperhatikan tata bahasa dalam membuat sebuah konten adalah hal yang perlu Anda lakukan dan jangan menganggap sepele. Sebab grammar memang mempunyai fungsi peranan yang penting dalam memproduksi sebuah artikel. 

Karena jika tidak memperhatikan Grammar maka akibatnya kalimat atau paragraf yang dibentuk cenderung memiliki pola yang tak beraturan dan arti yang ambigu. Sehingga ini akan dapat membingungkan pembaca dalam memahami paragraf demi paragraf yang Anda tulis.

Penggunaan tata bahasa yang baik dan benar itu meliputi ejaan, dan kaidah pembentukan istilah. Jika Anda ingin tahu lebih luas mengenai pengertian dari tata bahasa bisa Anda buka pada Wikipedia.

Dalam membuat konten pada blog hal ini lah yang perlu Anda perhatikan secara seksama atau teliti. Anda perlu memperhatikan tata bahasa atau membaca berulang konten yang di tulis supaya tidak ada kesalahan dalam ejaan dan atau grammar yang salah.

Internal Link

Menulis Artikel dalam blog haruslah memperhatikan internal link. Jika dalam pengertiannya yang di muat pada laman Glints menyebutkan, bahwa Internal link adalah tautan yang mengarah dari halaman satu ke halaman yang lainnya di dalam website yang sama.


Internal link harus Anda buat demi meningkatkan waktu pembaca dalam website Anda

Misalnya saat saya menulis artikel ini maka saya akan mencantumkan link (tautan) yang mengarah ke halaman lain seperti " cara memperkaya konten Artikel dalam blog".

Jika Anda mengunjungi internal lik yang telah di sematkan diatas , maka itu lah yang di sebut tautan yang mengarah ke halaman lain (internal link) pada blog ini. 

Atau saya contoh kembali dengan mengarah ke halaman lain yang ada relevansinya dengan artikel ini, misalanya " Tips Membuat Konten Artikel yang Menarik di Blog". 

Tetapi yang perlu Anda perhatikan dalam membuat internal link pada blog adalah jangan membuat sebanyak mungkin dan haruslah mempunyai relevansi terhadap topik artikel yang di tuju. 

Karena jika asal membuat tautan balik maka tentu itu akan menyebabkan reputasi  website Anda buruk di mata pembaca serta dapat di anggap Google sebagai spam.

Bayangkan saja, ketika memasukkan internal lik yang tidak ada relevansinya serta membuat tautan yang cukup ramai pada satu postingan artikel maka pembaca akan malas, alih-alih membaca secara tuntas yang terjadi malah meninggalkan blog Anda.

Anda harus pintar-pintar dalam membuat internal link dan penempatannya harus sesuai untuk mendapatkan hasil terbaik pada konten Anda. Karena praktek ini adalah salah satu alat SEO terbaik untuk menambah nilai dari Website itu. 

Sebab jika memasukkan internal link akan pula lebih mudah di indeks oleh mesin pencari. Semisal Google akan lebih memahami situs Anda.

CTA (Call To Action)

Dilansir dari Niagahoster, CTA merupakan instruksi atau teks pada halaman situs, banner iklan, dan email yang dibuat untuk mengarahkan atau mengajak pengunjung agar melakukan sesuatu. 

Ini artinya sebuah ajakan yang "memaksa" pembaca Anda melakukan sesuatu sesuai dengan ajakan yang Anda buat.

Misalnya " baca selengkapnya", "Klik ini", " kunjungi halaman ini" serta "Order Now" dan lain sebagainya.

Call To Action atau CTA merupakan salah satu prinsip copy writing untuk mendorong pembaca atau Audience  untuk masuk ke halaman lain atau mengarahkan sesuai yang di inginkan. 

Hal ini perlu Anda lakukan untuk menjangkau pembaca Blog agar dapat membaca beberapa artikel di halaman yang ada pada blog serta dapat meningkatkan bounce ranting .

Jika Anda perhatikan pada Blog ini, ada beberapa contoh CTA yang sering saya buat dalam beberapa artikel, misalnya : 

  • Baca selengkapnya.
  • Anda dapat mempelajari lebih dalam di halaman ini ">judul..........."
  • Tinggalkan Komentar.

  • Silahkan Share Postingan ini.
  • Artikel menarik lainnya.

Itulah contoh CTA yang dapat mengajak pembaca dalam meningkatkan kunjungan pada laman blog Anda. Dengan tujuan agar bounce ranting pada blog ini meningkat. 

CTA memainkan peran penting dalam mengurangi rasio pentalan situs web karena mengarahkan pengunjung situs web Anda ke halaman tempat Anda mendapatkan konversi.

Jadi, semakin banyak orang yang mengklik CTA, semakin rendah bounce rate blog Anda.  Untuk memastikan bahwa cukup banyak orang yang mengklik CTA Anda, Anda perlu menempatkannya secara strategis dan bagus.

Riset kata kunci/Keyword Research 

Riset Keyword untuk menulis artikel blog

Kata kunci adalah salah satu peranan penting dalam menulis sebuah artikel. Keyword yang baik dan benar adalah salah satu kunci juga supaya artikel masuk di page one Google.

Perlu Anda pahami bahwa 80% pembaca di internet akan lebih memprioritaskan klik pada halaman 1 Google.

Jika sudah artikel di page 2 Google, kecil kemungkinan akan dibuka oleh orang lain.  Itulah sebabnya bahwa riset kata kunci itu sangat di perlukan dalam membuat konten.

Ada banyak tools yang bisa di manfaatkan dalam mencari kata kunci, seperti Semrush, Google Trends, Ahrefs serta Tool Keyword Planner dari Google Ads Dan masih banyak lagi.

Jika Anda melakukan Riset kata kunci, itu artinya Anda telah menargetkan tujuan dimana tujuan dari melakukan keyword research adalah untuk menemukan kata kunci populer

Selain itu,juga dapat mengetahui topik apa saja yang paling banyak dicari orang. Keuntungan dari riset keyword yaitu dapat menciptakan konten yang berkualitas. Seperti dilansir dalam website bamahadigital.com.

Menulis untuk Manusia

Saat ini banyak diantara kita yang sering menemukan tulisan-tulisan yang menargetkan untuk mesin pencari. Hanya mengajarkan teknik SEO tanpa memperhatikan tujuannya.

Sebenarnya tulisan itu untuk siapa sih? Pembaca itu kan manusia, bukan Robot kan?. Memang SEO itu penting sekali, karena SEO juga perlu di perhatikan dalam membuat artikel. Jika Anda belum memahami praktik seo yang tepat untuk menaikkan traffic maka buka halaman itu.

Akan tetapi jika melihat perubahan algoritma Google dimana menyatakan bahwa konten yang mengejar SEO dan Click bait akan di "tendang" ke halaman paling bawah.

Algoritma Google pada tahun 2022 ini yang menyebutkan "Content is the Key" ini artinya setiap blogger haruslah membuat konten yang relevan, informatif dan memberikan solusi yang benar.

Jika konten yang Anda buat hanya mementingkan teknik SEO maka kedepannya Google tidak akan menampilkan artikel itu pada halaman pertama. 

Pembaharuan algoritma Search Engine Google memang bukan pertama kali ini di lakukan, namun kali ini Google benar-benar serius dan lebih menekankan pada kualitas konten, sehingga bagi website yang mementingkan Konten hanya pada mesin telusur akan tidak ada lagi pada posisi halaman pertama Google. Hal ini di umumkan pihak Google pada halaman blognya.

Untuk itu bagi para blogger pemula, hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulis konten haruslah mempunya kualitas tinggi yang dapat membantu orang lain. Jangan terpaku pada konten yang mementingkan lalulintas SEO (Search Engine Optimation).

Mulailah membuat tulisan yang bermanfaat, informatif dan solutif serta inovatif  untuk manusia, bukan untuk  mengejar lalu lintas mesin telusur. Karena konten yang diutamakan untuk SEO akan di devaluasi oleh Google, seperti yang di laporkan pada website SearchEngineJournal.

Tulis artikel yang dapat membantu Pembaca.

Setelah menemukan ide untuk dapat ditulis dalam blog, makan tentu Anda harus memperhatikan tujuan dan manfaat konten tersebut. Anda harus dapat memecahkan masalah yang di hadapai oleh pembaca, Anda juga harus mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka.

Artinya posisikan tulisan Anda sebagai guru untuk pembaca. Misalnya begini. Ketika menulis tentang "Cara buat Blog " maka Anda harus bisa memaparkan langkah-langkahnya supaya lebih mudah di pahami pembaca serta dapat melakukannya(di praktekkan).

Bahkan tulisan seperti itu (membantu pembaca) juga sudah pernah membahasnya di artikel ini "Rahasia cepat di terima Google Adsense".

Dalam artikel itu saya menekankan kiat sukses dan baik untuk dapat di ikuti oleh pengunjung dan mempunyai dampak yang besar untuk orang lain. 

Dan tentunya itulah sebagian tulisan yang mengisyaratkan tulisan yang dapat membantu pembaca. Atau dalam tips dan trik

Hindari membuat Artikel yang bertele-tele.

Hal ini sebenarnya sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Dimana poin untuk menghindari tulisan bertele-tele akan menyebabkan pembaca merasa bosan, tidak menemukan topik yang di tuju atau lama ketemu sama hal apa yang mereka cari.

Artikel yang saya maksud bertele-tele adalah dimana tulisan yang begitu panjang (misal 2000 kata) dan tidak langsung menemukan informasi penting sesuai dengan yang mereka harapkan.

Jika pengunjung blog mulai membuka dan membacanya tetapi susah menemukan informasi yang tepat, maka mereka akan memutuskan untuk meninggalkan blog Anda, dan mencari referensi website lain.

Karena dalam tulisan yang terlalu banyak paragraf dan tidak ada relevansi sesuai dengan apa yang mereka (pembaca) butuhkan. Atau mungkin terlalu lama untuk mendapatkan informasi penting. 

Maka dalam hitungan detik pengunjung akan menekan tombol kembali, dan mencari ulang pada website orang lain yang lebih jelas serta penulisan yang bagus.

Anda ingat dalam menulis konten haruslah menyusun konten yang informatif dan memberikan solusi penting bagi pembaca. Maka hindari tulisan yang menyimpang dari topik dan bertele-tele.

Koreksi Artikel (Baca, Edit dan Baca lagi)

Ini adalah kiat menulis konten yang baik, dimana setiap kali Anda membuat tulisan ada baiknya Anda harus mengoreksi semuanya. Dengan membaca berulang, untuk menemukan ejaan yang salah, tata bahasa, relevansi dan lain sebagainya.

Mengoreksi tulisan adalah hal yang perlu Anda lakukan. Dan edit apa yang perlu di lakukan. Ini juga menyatakan bahwa tidak perlu buru-buru dalam post konten pada blog, karena akan menghasilkan konten yang kurang baik. Atau sesuatu yang tergesa-gesa adalah akan menyebabkan hasil yang tidak maksimal.

Banyak blogger pemula yang menyepelekan hal ini, karena tuntutan mengisi konten dalam blog ujungnya tidak memperhatikan kaidah dan cara penulisan yang benar, hingga lupa mengoreksi dan pengeditan.

Koreksi konten di perlukan untuk memperbaiki kesalahan atau jika Anda lalai maka  akan mempengaruhi interpretasi artikel tersebut.  

Jadi, luangkan waktu Anda sebentar  dalam mengoreksi dan proses editing, menempatkan ilustrasi/gambar (Visual Konten) yang tepat agar sesuai atau berkaitan dengan topik tulisan Anda. 

Penutup!

Begitu banyak memang kiat terbaik dalam menulis blog, dan beberapa yang di ulas dalam website tetangga juga semuanya cukup bagus, namun tips yang saya buat ini adalah hal positif yang perlu Anda lakukan dalam menulis konten pada blog untuk dapat traffic dari search engine.

Selain itu hal perlu Anda perhatikan lagi mengenai Algoritma terbaru Google dimana menyatakan akan mendevaluasi konten yang mengutamakan untuk SEO dan tidak tampil lagi pada halaman pertama, itu artinya bahwa menulis lah dengan gaya Anda sendiri untuk manusia dengan isi kualitas yang baik dengan punya manfaat yang baik. 

Serta jangan melupakan juga dalam melakukan riset kata kunci untuk lebih meningkatkan traffic blog Anda. Karena hal itu sangat penting apalagi untuk SEO.

Hindari juga dalam membuat artikel dengan tata bahasa yang salah serta penulisan yang bertele-tele (tidak pada poin nya). Ini supaya pembaca dapat betah berlama-lama membaca keseluruhan apa yang Anda tulis dalam blog/website.

Itu lah ulasan mengenai bagaimana caranya meningkatkan pengunjung blog. Ikuti poin-poin yang disebutkan diatas, maka dijamin traffic blog Anda pun akan meningkat setiap harinya. Dan target Anda pun dapat menjangkau lebih luas serta blog  dapat di Page one Search Engine.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai tips menulis blog untuk menambah organik traffic maka ada kala "Tinggalkan Komentar Anda".

Atau ingin berdiskusi dengan mengenai blog silahkan bertanya pada kolom komentar yang tersedia. 

Semoga bermanfaat!

Baca Juga :
Penulis amatir! Menulis berkaitan dengan SEO, Tekno dan Tips Blogging. Oh ya..Pribadi yang tidak lupa makan tiga kali sehari.😛😛

1 komentar

  1. Silahkan